Agar tak kestrum Casing Komputer

Image and video hosting by TinyPic

Casing komputer yang merupakan rumah bagi hardware/perangkat keras komputer. Di dalamnya terdapat motherboad dengan processor dan memory. Casing juga menjadi tempat mendudukkan hard disk dan cd-rom drive. Selain sebagai pelindung fisik, casing yang baik juga berfungsi sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen elektronika komputer. Penyaluran panas akan lebih sempurna dengan bantuan cooler (pendingin) yang sesuai.

Bila anda memasang hard disk pada casing, eratkanlah kedudukannya minimal dengan empat buah sekrup agar panas yang dihasilkan oleh hard disk dapat disalurkan dengan baik ke casing. Seringkali seorang teknisi dengan begitu cerobohnya hanya memasang satu atau dua sekerup saja karena dia pikir asalkan tidak jatuh. Selain untuk menyalurkan panas, pemasangan baut skerup juga untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh putaran drive.

Kadang-kadang bila kita ingin membuka casing tersebut ada saja sengatan listrik berdaya rendah atau besar ketika kita menyentuh casing tersebut padahal Komputer kita sudah kita matikan. Rupanya dengan sedikit kerja kita bisa mengakali agar kita tak lagi kesetrum oleh casing tersebut ,dengan cara kita membuat Ground ke lantai, meja atau kayu yaitu dengan melekatkan kabel sepanjang sekitar 1 meter dimana satu ujungnya dilekatkan di baut belakang casing dan yang satunya lagi di lantai,kayu atau meja yang sebaiknya kita paku agar tak lepas dan aliran listrik tetap ke salah satu bahan tersebut. Sedangkan bila dalam keadaan darurat misalnya kita ingin membetulkan komputer teman maka bisa juga kita menggunakan sarung tangan kain atau karet sebaiknya kabel komputer yang ke stop kontaknya di cabut juga.Biar tambah aman..

semoga ada gunanya.

 

Komentar

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya..saya berharap sobat dapat memberikan saran dan komentarnya disini..Terimakasih.

Populer

CMOS CHECKSUM BAD atau selalu setting BIOS setiap menghidupkan Komputer

2 Cara Untuk mengembalikan hilangnya menu tab di task manager windows

Setting Fastnet pada komputer/Laptop baru

Rumah Gadang dan maknanya

repair Harddisk Bad Sector dengan SpinRite