CMOS CHECKSUM BAD atau selalu setting BIOS setiap menghidupkan Komputer

Seiring dengan kita terus menggunakan komputer PC atau Laptop kita lambat laun ,adakalanya akan tampil saat booting ada pesan kalau kita harus menekan tombol F1 untuk run setup atau F2 untuk ke posisi default setinggan BIOS. Namun nyatanya setelah kita menyetting ulang konfigurasi BIOS ,setelah kita mematikan komputer dan ketika menghidupkan PC/Laptop lagi akan tampil posisi semula kembali. Bingung bagaimana solusinya ? sebaiknya diteruskan membacanya. he he he..biar tuntas semuanya.

Kita kenali dulu apa itu BIOS ? = Basic Input Output System, merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
  5. BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).

Penyebab Kesalahan CMOS checksum Buruk
Ada 3 hal utama yang menyebabkan CMOS checksum Bad :
1•  Baterai CMOS rusak
2•  BIOS Anda telah diupdate (mungkin virus)
3• Komputer ditutup secara tidak benar (MS Windows mengharuskan Anda untuk mematikan komputer Anda sebelum mematikan daya).

Berikut adalah beberapa solusi untuk setiap situasi:
1. Baterai CMOS Tidak Berfungsi Benar:

Jika Anda baterai CMOS tidak berfungsi dengan benar mengubahnya. Pergilah ke CMOS Anda dan tuliskan semua pengaturan. Jika Anda longgar mereka, Anda juga bisa mendapatkan mereka dari produsen komputer Anda. Cari baterai dan lepaskan (konsultasikan komputer Anda secara manual atau tech support). Setelah Anda memiliki baterai baru Anda, Anda dapat menggantinya dan masuk kembali pengaturan CMOS.


2. BIOS Anda telah Been Diperbarui:

CMOS pengaturan Anda mungkin telah menjadi ulang. Pastikan bahwa nilai yang dimasukkan dalam BIOS adalah benar dan reset ke pengaturan default. Jalankan virus scan dan pastikan bahwa pengaturan BIOS sudah kembali ke default.


3. Shut Down Komputer Apakah benar dilakukan ?:

Menjalankan MS Windows, jika Anda mematikan laptop atau desktop tanpa mematikan sistem operasi pertama, itu akan merusak pengaturan CMOS, dan menyebabkan CMOS checksum Buruk Kesalahan.
Hindari kesalahan ini dengan benar-benar mematikan komputer Anda sebelum mematikan daya.

smoga ada gunanya

Komentar

  1. ok makasih untuk tipsnya moga bermanfaat bagi orang banyak...

    BalasHapus
  2. solusi untuk point 3 (Shut Down Komputer Apakah benar dilakukan ?:) gimana bro ??

    BalasHapus
  3. solusi untuk point 3 (Shut Down Komputer Apakah benar dilakukan ?:) gimana bro ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya..saya berharap sobat dapat memberikan saran dan komentarnya disini..Terimakasih.

Populer

2 Cara Untuk mengembalikan hilangnya menu tab di task manager windows

Setting Fastnet pada komputer/Laptop baru

Rumah Gadang dan maknanya

repair Harddisk Bad Sector dengan SpinRite