Saran pembagian Sembako Massal

Kejadian yang cukup memilukan telah terjadi kembali, stelah banyaknya kejadian yang telah kita saksikan secara langsung maupun dari berbagai media. Dimana kalau pembagian sedekah atau apalah namanya yang dilakukan oleh perorangan maupun oleh suatu instansi seperti baru-baru ini terjadi di Balai Kota DKI Jakarta. Biasanya akan menimbulkan kericuhan dan banyak yang menyebabkan orang yang luka-luka bahkan mungkin saja sebelumnya ada juga yang sampai meninggal seperti beberapa waktu yang lalu yang sempat saya lihat di media elektronik. Dimana kejadiannya tak perlu saya sebutkan yang lalu-lalu tersebut cukuplah dengan apa yang kita lihat dan saksikan sekarang ini.saya terus terang sempat meneteskan airmata sedih melihat orang-orang yag terinjak-injak itu…!!

Mungkin sekedar saran saya yang hanya bisa berkomentar saja karena memang belum bisa seperti beliau-beliau itu yang mempunyai kecukupan dan kesediaan untuk membagikan Sembako atau Uang kepada rakyat atau orang yang dibawah standar layak hidup. Adapun caranya mungkin sebagai berikut :

  1. Bagilah beberapa posko dalam mengadakan pembagian tersebut sehingga orang yang ingin mendapatkan jatah pembagian tersebut tidak terlalu menumpuk dalam suatu ruangan atau area tertentu.
  2. Buatlah daftar antrian atau nomor antrian yang dibagi-bagikan ketika orang ingin masuk ke dalam area pembagian tersebut,sehingga nantinya hanya orang yang dipanggil saja yang kedepan untuk mengambil jatahnya.
  3. Buatlah batasan –batasan dimana orang mengantri nomer dan dimana orang bisa duduk untuk menunggu panggilan nomernya.(ingat yang dipanggil hanya nomernya saja karena kalau pendataan siapa namanya mungkin akan memakan waktu yang lebih lama lagi.
  4. Tandailah orang yang telah mengambil pembagian jatah tersebut seperti layaknya pemilu dengan mencelupkan jarinya atau distempel seperti masuk ke DUFAN ,misalnya..
  5. Kalau bisa area pembagian itu menggunakan tempat yang LUAS yang bisa menampung semua orang yang ingin mendapatkan jatah,misalnya lapangan bola.
  6. Kalau memang pembagian ini judulnya sedekah, bukankah lebih banyak pahalanya bila dilakukan pada bulan Ramadhan daripada sesudah shalat Id.
  7. Perbanyaklah anggota atau satuan tugas pengamanan dalam proses pembagian tersebut,ingat orang Lapar,orang Susah itu yang didengarkan oleh mereka lebih cenderung ke perut jadi kadang-kadang ingin cepat cepat mendapatkan jatahnya.

Semoga dengan sedikit saran-saran saya ini bisa membantu bagi orang yang ingin bersedekah bagi saudara-saudaraku dan semoga beliau-beliau yang bersedekah benar-benar diterima Amalnya ..Amin..

Insya Allah saja apa yang saya tuliskan disini bila dibaca oleh pihak yang berkepentingan maklum adanya.Amin..Ya Allah

Komentar

Populer

CMOS CHECKSUM BAD atau selalu setting BIOS setiap menghidupkan Komputer

2 Cara Untuk mengembalikan hilangnya menu tab di task manager windows

Setting Fastnet pada komputer/Laptop baru

Rumah Gadang dan maknanya

repair Harddisk Bad Sector dengan SpinRite