Jebakan di Facebook

Baru –baru ini saya mendapatkan kiriman pesan dari sahabat saya yang di batam  yang mengirimkan pesan agar saya mengklik link yang dilampirkan di chat fb ataupun di message fb.

Sekali dua kali saya abaikan saja pesan sahabat tersebut yang tadinya saya berpikir mungkin sahabat sedang iseng atau memang sedang beriklan.Namun alangkah mengejutkannya ketika saya membuka beranda sahabat tersebut yang menginformasikan bahwa pesan yang ada di account facebooknya tersebut bukanlah merupakan hasil buah karyanya namun hasil kerjaan pihak yang tak bertanggung jawab.Gambarnya seperti ini :

 

 

Memang kalau dilihat link ini “ short url “ sehingga kita tidak tahu mau dibawa kemana kita seandainya belum mengklik link tersebut. Ya metode ini memang JEBAKAN dan gampang menyebar bila kita mengklik link short url tersebut,

Walaupun belum tahu sampai sejauh mana kebocoran data pribadi kita di account facebook tersebut ada baiknya kita melakukan tindakan sebagai berikut ini dengan harapan tidak menyebar ke teman-teman kita yang lainnya, yaitu :

1. Gantilah password Facebook kita secara berkala dan usahakan dengan menyatukan abjad dan angka ( alfanumerik ) ,buat minimal 8 digit dan jangan tanggal kelahiran atau nama keluarga kita.

2. Hapuslah pesan jebakan di message kita yang biasanya ada disebelah kanan dari nama pengirim atau lakukan tindakan hapus pesan atau hapus percakapan

hapus pesan

3. Ingatlah selalu agar selalu LogOut dan membersihkan data kita di browser dengan menekan tombol Ctrl Shift Del.

4. Semoga dengan semua usaha kita ini tidak menyebar jebakan betmen tersebut.Amiin

 

nb: maaf kalau kurang atau salah infonya, mohon dilengkapi.Tks

Salam

Komentar

  1. Iya gan saya juga pernah mengalami permasalah persis seperti diatas, terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  2. iya gan.. terima kasih telah diingatkan kembali.. sering kali aku mendengar akun FB teman yang kena hack.. yang akhirnya di blok oleh FB karena digunakan untuk spamming..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya..saya berharap sobat dapat memberikan saran dan komentarnya disini..Terimakasih.

Populer

CMOS CHECKSUM BAD atau selalu setting BIOS setiap menghidupkan Komputer

2 Cara Untuk mengembalikan hilangnya menu tab di task manager windows

Setting Fastnet pada komputer/Laptop baru

Rumah Gadang dan maknanya

repair Harddisk Bad Sector dengan SpinRite