rss

Rabu, September 10

Membuat Program delphi menjadi Exe dengan ukuran kecil

diperuntukkan bagi programmer delphi, minimal sudah pernah menggunakan program delphi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi anda yang ingin belajar pemrograman delphi.

Jika kita membuat sebuah form kosong saja, maka akan dihasilkan file exe yang berukuran sekitar 290 KB dengan delphi 5, 360 KB dengan delphi 7 dan lebih besar lagi untuk delphi 2006. Walaupun kapasitas memory dan hardisk saat ini bisa dibilang lebih dari cukup, tetapi jika kita hanya ingin membuat program sederhana, ukuran seperti itu mungkin terlalu besar, belum lagi ditambah komponen lainnya dan harus di distribusikan melalui internet. Maka adakah solusinya agar aplikasi yang kita hasilkan memiliki ukuran yang kecil ?

jawabnya ada… sebenarnya bisa saja aplikasi tersebut di kompress dengan tools seperti UPX, yang bisa menjadikan aplikasi lebih kecil menjadi setengahnya atau lebih. Tetapi ada beberapa kelemahan menggunakan Exe compressor seperti UPX tersebut. Alternatif lainnya adalah langsung menggunakan fungsi-fungsi windows API (Application Programming Interface), file yang dihasilkan dijamin akan kecil. Tetapi dengan ini pemrograman jauh lebih sulit dan mungkin sangat menyita waktu hanya untuk membuat sebuah form kosong saja. Bagi programmer delphi ada komponen khusus yang sangat powerfull, supaya aplikasi yang dihasilkan berukuran kecil, cepat seperti menggunakan windows API secara langsung, bahkan mungkin lebih. Komponen ini namanya KOL ( Key Object Library ). Bagi yang belum pernah mendengar tentang KOL, bisa dilihat artikel tentang ini disini

Tertarik menggunakan komponen ini ?

Penggunaan komponen ini berbeda dengan komponen standard delphi lainnya. Setelah komponen ini diinstall ( sama seperti instalasi komponen lainnya ) maka untuk membuat sebuah program langkahnya sebagai berikut :

1. Buat project baru ( File > New > Application )
2. Save All Project ( File > Save All ) dan biarkan namanya unit1.pas dan Project1.dpr
3. Tempatkan komponen KOLProject ( dari tab KOL yang sudah diinstall) di Form1
4. Isi Property projectDest di komponen KOLProject1 tersebut dengan nama Project, misalnya Programku
5. Tempatkan sebuah komponen KOLForm di Form1
6. Gerakkan / geser salah satu komponen KOLProject atau KOLForm untuk menghasilkan kode tambahan di source codenya
7. Klik Save All, kemudian tutup semua project ( Close All )
8. Buka folder dimana file project ini disimpan, dan hapus semua file yang bernama Project1 (Project1.cfg, Project1.dof, Project1.dpr dan Project1.res)
9. Buka project Programku.dpr dan Compile atau Run
10. Jika langkah benar, akan dihasilkan file Programku.exe yang besarnya sekitar 22 KB


Program yang dihasilkan masih belum mempunyai icon, tetapi jangan khawatir, icon bisa ditambahkan nantinya. Ukuran 22 KB jauh lebih kecil dibandingkan dengan komponen standard yang mencapai 360 KB. Bahkan ukuran ini masih bisa diperkecil. Download komponen tambahan sysdcu yang sesuai dengan versi delphi yang digunakan, dan sertakan dalam Library path urutan pertama ( di menu Tools > Enviromment Options ). Kemudian Compile / Run lagi… maka aplikasi yang dihasilkan akan berukuran 13.5 KB …!!


Apa KOL itu ??
Kategori Delphi, Programming
Mungkin banyak yang akan bertanya-tanya apakah KOL itu ?
KOL (KEY OBJECTS LIBRARY) merupakan komponen untuk Delphi (juga Free Pascal Compiler) - untuk mempuat suatu aplikasi yang kecil dan cepat. Komponen ini Freeware dan Opensource. Kompiler yang didukungnya adalah Delphi 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, BDS 2005, 2006, TurboDelphi dan Free Pascal Compiler 1.0.5, 1.0.6, dan setelahnya (2.0.4) juga didukung. Sebagian besar juga kompatibel dengan Kylix (Linux/Qt platform, dengan menggunakan tools konversi spesial yang disediakan di web site-nya http://kolmck.net

KOL Merupakan Copyright (C) by Vladimir Kladov, 1999-2006.
Dan sebagian kode merupakan kontribusi dari banyak programmer.
Bagi yang sudah terbiasa atau kenal dengan pemrograman delphi tentu tahu bahwa hasil kompilasi sebuah Form kosong saja akan menghasilkan ukuran exe yang cukup besar. Untuk Delphi 5 akan menghasilkan file exe sekitar 290 KB dan delphi 7 menjadi sekitar 360 KB. Walaupun saat ini ukuran seperti itu tidak menjadi masalah, dibanding dengan kapasitas memori atau bahkan hardisk yang sudah sangat besar, tetapi terkadang membuat programmer kurang puas. Apalagi jika dibandingkan dengan hasil kompilasi VB yang kurang dari 20 KB atau VC++. ( Mengapa kok ukuran exe di VB dan Delphi setting standar / default berbeda cukup jauh bisa dibaca di bagian Hasil Exe Delphi ).
www.yosaadi.co.cc 10 sept 2008

Related Article:

Related Website

0 comments:


Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya..saya berharap sobat dapat memberikan saran dan komentarnya disini..Terimakasih.

Cari Blog Ini

Yahoo bot last visit powered by  Ybotvisit.comMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net Page Rank Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favoritesblogarama - the blog directory Webmaster-Resources.com.ru Subscribe with Bloglines Literature Top Blogs Blog Directory Directory of Science Blogs Blog Directory ReadABlog.com Blog Search Engine Top 10 Bertuah Join My Community at MyBloglog! ngeblog,internet,software,hardware,laptop,komputer,hacking cracking,tips dan trik serta program Bisnis online Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory RSSMicro FeedRank Results Find broken links on your website for free with LinkTiger.com My Ping in TotalPing.com

Free Blog Counter

Direktori Indonesia - Indonesian free listing directory, SEO friendly free link directory, a comprehensive directory of Indonesian website. blogarama.com TopOfBlogs Add to Technorati Favorites

Dofollow Backlinks

free counters

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesiablog-indonesia.com
 

Masukkan Alamat e-mail kamu untuk mendapatkan Postingan Terbaru langsung di email kamu GRATIS:

Dikirim by FeedBurner

Pengikut

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.