Alamat IP di Cina hampir habis


Alamat IP di China Tinggal Menghitung Hari
Ardhi Suryadhi - detikinet



Jakarta - Persediaan alamat Internet Protokol (IP Address) di China telah memasuki fase sekarat. Gerakan untuk segera pindah ke IPv6 pun kian mendesak. Menurut penelusuran yang dilakukan oleh Li Kai, Direktur tim IP China Internet Network Information Center (CNNIC), China kini hanya punya waktu sekitar 830 hari sebelum persediaan IPv4 akhirnya habis.

Kai mendesak bahwa migrasi ke IPv6 adalah suatu keharusan. Jika tidak, pengguna internet di Negeri Tirai Bambu ini akan menghadapi masalah ketika mau online.

"Kami telah mengadakan seminar di hampir semua wilayah cuma guna memberi tahu para operator untuk mendaftarkan sisa alamat IP secepat mungkin. Selain itu agar mereka juga dapat mempersiapkan diri untuk IPv6," ujarnya, seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Jumat (26/9/2008).

Kai menambahkan, sekitar 80 persen resource IPv4 China telah digunakan. Jumlah alokasi IP di China sendiri berada di atas Jepang, sehingga mendapuk China sebagai negara kedua terbesar terkait hal ini setelah Amerika Serikat.

Namun sepertinya AS terlihat lebih siap mengadapi migrasi ini. Hal itu terlihat dari telah dikembangkannya jaringan IPv6 di negeri adidaya ini.

IPv6 sendiri merupakan protokol pengalamatan internet generasi baru yang dimaksudkan untuk menggantikan Internet Protokol versi 4 (IPv4) yang digunakan saat ini dan sudah hampir habis sumber dayanya.

Keberadaan IPv4 yang telah berusia 20 tahun mulai menimbulkan masalah karena jumlahnya yang terbatas dan semakin berkurang, sementara pertumbuhan dan penambahan mesin ke dalam internet semakin meningkat.

IPv4 memiliki sekitar empat miliar alamat IP, sedang IPv6 memiliki alamat IP yang diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga di tiap inci permukaan bumi. Dengan makin banyaknya perangkat teknologi informasi dan telekomunikasi yang menggunakan IP, hal itu serta merta menjadikan IPv6 sebagai solusi atas keterbatasan IPv4.


Komentar

Populer

CMOS CHECKSUM BAD atau selalu setting BIOS setiap menghidupkan Komputer

2 Cara Untuk mengembalikan hilangnya menu tab di task manager windows

Setting Fastnet pada komputer/Laptop baru

Rumah Gadang dan maknanya

repair Harddisk Bad Sector dengan SpinRite