Menjumlah isi cell yang mengandung data yang sama pada Excell dengan fungsi SUBTOTAL

Jika pada sabtu kemarin saya mencoba mengulas tentang excell dengan topik bagaimana menghapus baris yang sama pada microsoft excell. Artikel ini pun merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya.

Saya mencoba meneruskan apa yang sudah ada kemarin ini kalau dulu hanya menghilangkan data yang sama, sekarang saya malah mencoba untuk menjumlahkan data-data yang sama dengan menggunakan fungsi “SUBTOTAL”.

Langkahnya seperti ini :

1. Buka Excell – File – open data yang ingin dibuka

contoh :

ada beberapa data yang sama pada kd_yan dan ds_yan seperti 791P59 ,ACIER dan masih banyak lagi.

2. Lalu pada DATA – SUBTOTAL ( pada sebelah kanan atas layar ) , pilihlah sesuai yang kita inginkan data mana saja yang ingin kita jumlahkan. Kalau pada contoh saya mencoba menjumlahkan

kd_yan

jumlah

total

3. Maka nanti hasilnya akan seperti ini .

dimana kita akan melihat ada penjumlahan pada kd_yan , jumlah dan totalnya, bahkan ada juga grand total dari subtotal-subtotal tersebut.

Semoga berguna untuk Semua,termasuk saya pribadi.Amin

nb. terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.dan diperbolehkan memperbanyak dan mengcopy isi dari artikel ini.

Komentar

Populer

CMOS CHECKSUM BAD atau selalu setting BIOS setiap menghidupkan Komputer

2 Cara Untuk mengembalikan hilangnya menu tab di task manager windows

Setting Fastnet pada komputer/Laptop baru

Rumah Gadang dan maknanya

repair Harddisk Bad Sector dengan SpinRite